Festival Kuasa Allah 4
22-24 Juni 2005, SSCC Surabaya
Pada hari pertama Festival Kuasa Allah 4 (FKA 4) di SSCC - PTC, cuaca dari pagi hari hingga sore hari terus mendung dan Surabaya diguyur hujan lebat, tetapi menjelang pk. 15:00 WIB hujan reda dan langit menjadi cerah. Jemaat mulai berbondong-bondong untuk datang ke FKA 4 dengan satu kerinduan, yaitu bertemu dengan Tuhan dan melihat pekerjaanNya dinyatakan.

Hari pertama dihadiri kurang lebih 7.000 orang dari seluruh kota Surabaya dan luar kota. Jemaat sudah datang sejak pk. 17:30 WIB. Panitia memohon dengan sangat, pengertian dari jemaat karena banyak yang tidak mendapatkan tempat duduk sehingga terpaksa berdiri. Bahkan beberapa di antara mereka terpaksa pulang karena tempat terbatas.

FKA kali ini melibatkan seluruh pendoa, baik di pusat dan satelit, Kemas, Promasa, dan konselor, dan dikoordinir oleh Departemen Praise and Worship (PAW) dengan dibantu oleh Departemen Doa dan Penggembalaan.

FKA bukanlah kebaktian kesembuhan Ilahi tetapi kebaktian yang membawa umat Allah untuk mengalami perjumpaan pribadi dengan Allah. Apabila mereka telah berjumpa dengan Allah, maka yang sakit dengan sendirinya akan disembuhkan, dan yang belum diselamatkan menerima anugerah keselamatan.

Sementara pujian dan penyembahan dinaikkan, banyak orang yang mengaku telah dijamah Tuhan, bahkan sudah disembuhkan Tuhan.

Dalam kotbah hari pertama, Ps. Philip Mantofa menyampaikan firman Tuhan dari kitab Yesaya 53. Injil harus diberitakan agar setiap orang bertobat dari dosa-dosanya dan memperoleh keselamatan dari Tuhan, serta penggenapan janji Tuhan akan kesembuhan, kelepasan dan penghiburan terjadi atas umatNya. Dalam pesan Tuhan yang disampaikan pada hari pertama ditekankan bahwa keselamatan jiwa jauh lebih utama dari semua mujizat kesembuhan.

Orang-orang yang belum mengenal Kristus ditantang malam itu untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Allah menyatakan banyak mujizat kesembuhan bagi orang-orang sakit dan melepaskan orang-orang yang terikat oleh kuasa roh jahat. Ratusan orang bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

Pada hari kedua, Firman Tuhan disampaikan dari Injil Matius 16:13-20, bahwa Sorga dan Neraka itu benar-benar nyata ada. Firman Tuhan mengatakan semuanya nyata dan benar adanya, oleh karena itu manusia harus menentukan pilihannya. Jalan satu-satunya untuk menerima hidup kekal di sorga adalah dengan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Tidak ada jalan lain! Seperti sehari sebelumnya, mujizat keselamatan dan kesembuhan menjamah banyak jiwa yang hadir.

Di hari ketiga, Ps. Philip menyampaikan Firman Tuhan dari Injil Yohanes 14:8-14, bahwa setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus menerima kuasa dan karunia dari pengurapan Roh Kudus sebagai perlengkapan tugas pemberitaan Injil. Setiap orang percaya memiliki karunia melakukan mujizat dan menjadi saluran berkat Tuhan. Namun, ada orang yang tidak mendapat berkat Tuhan karena kedegilan, kekerasan hati dan ketidak percayaan akan Tuhan dan kuasaNya.

Mujizat terbesar adalah ketika manusia mengenal Bapa di sorga dan mengenal anakNya secara pribadi, serta percaya akan kuasaNya. Jemaat yang hadir pada hari terakhir ini, lebih banyak dari dua hari sebelumnya, sehingga banyak yang rela berdiri memenuhi seluruh lantai SSCC yang kosong (kecuali depan panggung) sepanjang kebaktian berlangsung. Total jiwa yang difollow-up selama tiga hari di FKA 4 adalah sebanyak 1.053 orang. Dan yang hadir selama tiga hari di FKA 4 kurang lebih 23.000 orang. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan Yesus.